jump to navigation

Asal Usul Google Desember 21, 2009

Posted by yanuarmedia in Uncategorized.
trackback

Sejarah Lahirnya google berawal dari pertemuan 2 orang pada tahun 1995, yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa program Ph.D di universitas Stanford, California. Pertemuan 2 orang tersebut memunculkan diskusi yang panjang, karena perbedaan pendapat dan pandangan. Namun, dari diskusi mereka yang panjang tersebut melahirkan sebuah pendekatan untuk menyelesaikan permasalahan di dunia komputer, yakni bagaimana memperoleh data yang nantinya seluruh data tersebut terkumpul dalam satu webside.

Pada tahun 1996, kolaborasi mereka menghasilkan sebuah mesin pencari atau search engine yang diberi nama BackRub. Page dan Brin menjadikan ini sebagai tesis mereka dan melakukan pengujian-pengujian sebagai bahan pembelajaran bagi mereka. Mesin pencari tersebut awalnya menggunakan webside universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com di registrasikan tanggal 15 september 1997. Untuk mendirikan perusahaan Google, mereka mendapatkan modal dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystem, yaitu sekitar $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000. Dan akhirnya perusahaan ini berdiri dengan nama Google Inc. Pada tanggal 7 September 1998 pada sebuah garasi mobil rumah di Menlo Park, California.

Bulan Maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke Palo Alto, rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang di kaitkan dengan kata kunci. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinassi tawaran harga dan jumlah klik, dengan penawaran dimuai pada 5 sen (US$) per klik. Sebuah paten yang menggambarkan bagian dari makanisme penilaian google (page range) disetujui pada 4 september 2001. Paten ini secara resmi ditetapkan oleh Universitas Stanford dan memasukkan nama Lawrence Page sebagai pencipta. Perusahaan ini menyewakan sebuah kompleks bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dan Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google tetap menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata googolplex, angka 1 yang diikuti oleh seratus nol)

Nama Google berasal dari ucapan “googol” yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang ditunjukkan oleh satu yang diikuti oleh seratus nol) Setelah kata google menjadi ucapan sehari-hari, kemudian dimasukkan dalam Merriam Webmaster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada 2006, yang berarti “menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar