jump to navigation

Layanan 3G-HSDPA di Indonesia Mei 6, 2009

Posted by yanuarmedia in Uncategorized.
trackback

Pada saat ini, kita dimanjakan oleh layanan koneksi internet berbasis 3G-HSPDA(High Speed Packet Access). Banyak operator yang menyediakan koneksi tersebut saling berlomba-lomba menjaring pengguna baru ataupun para pengguna yang tadinya hanya menggunakan layanan internet ASDL.

Memang jika dibandingkan layanan ASDL ataupun layanan sebetulnya yaitu 2.5G atau EDGE yang sudah banyak kita kenal, layanan berbasis 3G-HSDPA ini memang memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan kedu teknologi tersebut. Kecepatan untuk download bisa mencapai 1.8, 3.6, 7.2, hingga 14.4 Mbit/s. Tergantung pada modem yang anda gunakan dan layanan yang anda pilih.

Memang cukup mencengangkan kecepatan tersebut. Pada kenyataannya untuk layanan 3G/HSDPA di Indonesia anda tidak akan memperoleh lebih dari 1 Mbit/s unutk download, meskipun memiliki layanan hingga 3.6 Mbit/s yang sudah disediakan oleh operator. Kecepatan tersebut juga dipengaruhi oleh sedikit banyaknya pengguna yang mengakses Base Transceiver Station (BTS) tempat anda memperoleh sinyal. Semakin banyak pengguna, letak dan lokasi tempat mengakses jaringan 3G juga sangat menentukan. Karena seperti yang anda ketahui bahwa tidak semua daerah sudah mendukung koneksi 3G. Semakin jauh anda dari BTS, maka semakin kecil pula sinyal maupun bandwidth yang anda peroleh.

Sekilas koneksi 3G

Tak lengkap rasanya jika kita sudah membahas koneksi 3G tanpa adanya pengetahuan tentang 3G itu sendiri. Koneksi 3G adalah kelanjutan dari teknologi 2.5G yang bisa juga disebut dengan “Third Generation” dari standar telekomunikasi untuk mobile networking.

Koneksi 3G ini mengizinkan operator telekomunikasi memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mendapatkan network capacity yang jauh lebih besar dari sebelumnya (2.5G). Layanan service yang dimiliki oleh network 3G juga sangat beragam dan semuanya bisa anda dapatkan dalam fungsi “mobile”. Beberapa layanan servis yang bisa anda dapatkan dari koneksi 3G adalah video call, Wireless voice, dan broadband wireless data. Fitur lain yang anda dapatkan juga adalah High Speed Packet Access (HSPA) data transmision yang mampu menawarkan kecepatan data hingga 14.4M untuk download dan 5.8 Mbit/s untuk upload.

Tidak seperti WI-FI atau WLAN, koneksi 3G sebenarnya adalah berupa sinyal telepon seluler yang didalamnya terkandung Internet access berkecepatan tinggi dan video calling secara realtime. Network IEEE 802.11 (WI-FI / WLAN) memiliki short range bandwidth, sedangkan 3G memiliki high range bandwidth yang memang dikhususkan untuk pertukaran data.

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah 3G mobile communication protocol yang masuk dalam keluarga HSPA yang mengizinkan akses yang berbasis Universal Mobile Telekomunications System (UMTS) untuk memiliki kecepatan transfer data yang tinggi dan kapasitas bandwidth yang besar. Saat ini teknologi HSDPA memiliki kecepatan dari 1.8 MBit/s, 7.2 MBit/s, dan 14.4MBit/s. Untuk transfer data yang lebih cepat lagi dinamakan dengan HSPA+ yang memiliki kecepatan sampai dengan 42 Mbit/s unutk fungsi download.

Operator GSM berbasis 3G Indonesia

Provider atau operator Indonesia yang berbasis 3G antara lain:
–> Telkomsel dengan produk tekomsel Flash Unlimited 256 Kbps dan 512 Kbps
–> Indosat dengan produknya IM2 Broom Classic dan Unlimited.
–> Excelcomindo Pratama dengan produknya XL internet Unlimited Prabayar.
–> AXIS dengan produknya Akses AXIS 3 in 1.

Keempat operator GSM inilah yang telah memiliki jaringan sinyal yang kuat di seluruh Indonesia. Meskipun ada beberapa operator CDMA yang sudah menyediakan fasilitas ini. Tentunya kecepatan akses download yang dimiliki hanya kisaran 5-9 Kbps, jauh lebih kecepatannya dengan 3G GSM yang mampu mencpai lebih dari 30 Kbps.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar